Skip to main content

TENTANG KOMPUTER

1.    CPU / Processor
Banyak yang masih keliru dalam menyebut artdari  CPU.  Terkadang menyangka, CPU adalah box casing. Padahal CPU itu adalah processor itu sendiri. Gambaran dari processor adalah bagaikan otak pada manusia. Semua perintah- perintah dan proses-proses dalam komputer di handel oleh processor ini. Banyak jenis dan merek dari processor, antara lain 3 yang paling terkenal adala Intel, AMD, dan Apple G4. Memory dalam processor disebut Cache Memory, sampai saat ini ada 3 jenis, yaitu L1 cache, L2 cache, dan L3 cache. 



2.    Mainboard
Mainboard atau yang biasa disebut Motherboard adalah board atau papan utama di dalam casing CPU box. Berfungsi untuk mengorganisasikan semua resource hardware komputer agar terjalin sempurna, dan mampu bekerja dengan baik. Semua perangkat keras komputer bisa dipastikan akan terhubung ke mainboard. Secara umum, seperti ini gambaran dari mainboard :



Bagian-bagian dari Mainboard adalah :
a.    Chipset
Ada 2 jenis Chipset, yaitu North Bridge dan South Bridge.
North Bridge adalah chip yang mengontrol aliran/proses yang berkecepatan tinggi. Termasuk yang dikontrol oleh chip ini adalah Processor, VGA dan Memory. Chipset ini biasanya diletakkan di dekat socket processor, kadang juga dilengkapi dengan heat sink, karena biasanya chipset ini mudah panas, karena yang ditangani adalah proses- proses kecepatan tinggi.

South Bridge adalah kebalikan dari North Bridge. Chip ini mengontrol aliran/proses yang berkecepatan rendah. Termasuk yang dikontrol oleh chip ini adalah IDE, SATA, DMA, PCI, dan port-port lainnya, semacam serial port dan paralel port. Chipset ini biasanya terletak di posisi agak bawah dalam papan board. Biasanya tidak disertai dengan heat sink, dan biasanya tertulis merk chipset diatasnya, misalnya VIA, Intel, AMD, nVidia.

Agar dapat berfungsi dengan baik, maka ketika dalam lingkungan sistem operasi, driver dari chipset ini harus terinstall terlebih dahulu.

b.    ZIP Socket
ZIP Socket adalah kotak tempat processor diinstall dan kemudian dipasangi dengan heatsink diatasnya.

c.    Heatsink
Heat sink adalah fan atau kipas untuk mendinginkan processor. Setelah processor terpasang, baru heatsink diinstall di atasnya.

d.    Memory Slot
Berfungsi untuk tempat pemasangan memory module. Ada 2 jenis dari memory slot in, yaitu SIMM dan DIMM. Pada mainboard tertentu yang khusus, kadang tersedia pula fasilitas Dual Channel untuk mempercepat akses memory, dengan membaginya dalam 2 proses pada 2 memory module identik secara simultan. Slot untuk masing-masing jenis memory berbeda, SD RAM tidak bisa dipasang pada slot EDO RAM, dan yang lainpun juga sama, masing-masing jenis memory modul mempunyai bentuk slot-nya sendiri-sendiri.


e.    PCI Slot
PCI Slot adalah slot ekspansi, berfungsi untuk proses penambahan hardware dalam komputer. Dalam komputer Laptop, PCI ini disamakan fungsinya dengan PCMCIA (PC Card). Biasanya slot PCI ini dipasangi hardware : Sound Card, LAN Card, Modem, Wifi, VGA dll.

f.      AGP Slot
AGP Slot adalah slot untuk pemasangan VGA, berfungsi untuk menghubungkan VGA dengan monitor, agar display bisa ditampilkan dengan baik. Pada mode mainboard terbaru, AGP ini telah digantikan dengan Slot baru, yaitu PCI Express. Penggantian ini dilakukan karena pada slot AGP, kebutuhan akan listrik-nya terlalu berlebihan, sehingga tidak hemat power. pada slot AGP, kebutuhan akan listrik-nya terlalu berlebihan, sehingga tidak hemat power.

g.    PCI-E Slot
PCI-E adalah PCI Express, fungsinya adalah menggantikan slot AGP seperti telah dijelaskan diatas. Berbeda dengan PCI, slot ini hanya khusus untuk VGA saja. Port ini juga mendukung kemampuan SLI untuk grafis, yaitu menggabungkan kemampuan 2 VGA card (yang identik) sekaligus, sehingga kemampuan grafisnya meningkat 2x lipat.

h.   IDE port
Port ini untuk mennghubungkan perangkat yang berinterface IDE ke dalam komputer, antara lain : Harddisk IDE, dan CD/DVD ROM. Kabel yang terhubung ke port ini adalah jenis kabel IDE.

i.      SATA port
Hampir sama dengan port IDE, port ini untuk menghubungkan perangkat yang berinterface SATA ke dalam komputer, antara lain : Harddisk SATA, dan CD/DVD ROM SATA. Kabel yang terhubung ke port ini adalah jenis kabel SATA.

j.      Floppy port
Meskipun saat ini floppy disk sudah mulai ditinggalkan karena telah tergantikan oleh USB, port ini kadang masih disertakan dalam interface mainboard. Berfungsi untuk menghubungkan floppy disk dengan mainboard.



k.    Terminal I/O
Terminal IO letaknya adalah pada sebelah pinggir atas sebuah mainboard. Pada umumnya terdapat berbagai port, antara lain untuk mouse, keyboard, USB, Sound Card Onboard, VGA Onboard, LAN Onboard, LPT printer, Game Port, port COM, kadang ada juga port Firewire, dan SPDIF.

l.      Port Power

Port Power berfungsi untuk mengalirkan power listrik dari power supply ke mainboard, sehingga semua komponen dapat berjalan dengan baik. Pemilihan power supply yang baik akan mempengaruhi umur mainboard.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Denah Lokasi .CDR

CONTOH DESAIN DENAH LOKASI Membuat undangan umumnya dilampirkan atau disediakan denah lokasi hajatan atau tempat hajatan lebih jelasnya alamat undangan agar tamu yang akan hadir bisa langsung mengetahui lokasi. Berikut ini ana sediakan gratis download format atau desain Denah Lokasi dengan format file .cdr atau aplikasi Corel Draw jika kita ingin mengeditnya : Download file  Demikian yang bisa ana sampaian, semoga manfaat. Salam

PERBEDAAN BRUSH TOOL DAN PENCIL TOOL

PERBEDAAN BRUSH TOOL DAN PENCIL TOOL Brush tool dan Pencil tool adalah dua tool yang mirip. Keduanya dapat digunakan untuk menggamabar di kanvas. Perbedaannya adalah brush tool memiliki fitur yang anti-aliasing, dimana garis yang dihasilkan oleh tool ini menjadi lebih halus, karena adanya peralihan (gradasi) antara pixel yang diwarnai. Anti-aliasing adalah proses algoritma komputer yang memberi efek garis yang halus dan rapi. Jika anda menggambar menggunakan media tradisional (pena atau tinta), kemudian didigitalisasi menggunakan scanner, garis yang akan Anda dapatkan akan lebih tebal, karena pena yang digunakan hanya mampu memproduksi warna hitam saja. Maka dari itu, jika anda ingin menghasilkan garis outline yang mendekati yang dibuat dengan media tradisional, gunakan pencil tool untuk outlining. Walaupun anti-aliasing membuat garis menjadi lebih halus. Brush tool option menawarkan beberapa pengaturan dasar yaitu brush template untuk memilih jenis brush yang sudah di

BASO SAPI SUPER JOSS ISI 10 BUTIR